-->

Search News


situs resmi covid-19

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » Coklat Probiotik Inovasi Fakultas Teknologi Pertanian

 




GATRADEWATA NEWS | BALI |
(Cochosyn) merupakan produk coklat yang bukan sekedar coklat, melainkan Coklat Probiotik. Coklat Probiotik (Cochosyn) merupakan salah satu hasil penelitian inovasi kerjasama antara Pusat Kajian Probiotics and Gut Health, Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan PT. Cau Coklat Internasional. 


Gambar : Salah satu peneliti Cochosyn Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc. (Dokumentasi Pribadi)


Peneliti dari FTP Universitas Udayana Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc menerangkan bahwa proses pembuatan coklat biasanya melalui beberapa tahapan seperti pengadonan, penghalusan dan 'conching'. Dalam proses pembuatan Cochosyn menggunakan bahan dasar coklat dan bahan tambahan yaitu bakteri probiotik dan tepung pisang khusus yg bersifat prebiotik. Fungsi dari tepung pisang khusus yang bersifat prebiotik ini adalah untuk membantu pertumbuhan bakteri probiotik. Jadi produk ini dilabel Cochosyn yang berarti coklat dengan sinbiotik (prebiotik dan probiotik) dimana prebiotik adalah makanan dari probiotik.


Gambar : Cochosyn (Dokumentasi Pribadi )


Produk Cochosyn ini sangat bemanfaat untuk menyehatkan saluran cerna. Selain itu juga dapat meningkatkan stimulasi bakteri menguntungkan dalam saluran cerna dan meningkatkan integritas mukosa saluran cerna serta meningkatkan penyerapan gizi dan imunitas.

Tim peneliti produk coklat probiotik ini terdiri dari Ir. I Nengah Sujaya,M.Agr.Sc.Ph.D., Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc., dr. Ni Nengah Dwi Fatmawati, S.Ked., Sp.MK.(K), Ph.D, dr. Ni Nyoman Metriani Nesa, M.Sc.,Sp.A., dr. Ni Wayan Arya Utami, M.App.Bsc., Ph.D. Inovasi-inovasi selanjutnya akan dikembangkan untuk penyempurnaan produk coklat Cochosyn ini. (Tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama