-->

Search News


situs resmi covid-19

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » Yayasan Puri Kauhan Ubud lakukan Peluncuran Buku biografi almarhum Tjokorda Raka Sukawati

 


GATRADEWATA NEWS | BALI | Yayasan Puri Kauhan Ubud lakukan Peluncuran Buku biografi almarhum Tjokorda Raka Sukawati yang merupakan Penemu Teknik Kontruksi Jalan Layang Sosrobahu. Peluncuran buku yang bertajuk “Melangkah Tanpa Lelah” tersebut dilaksanakan di Aula Pascasarjana Kampus Sudrirman Denpasar, Rabu, (15/12/2021).   

Turut hadir dalam acara ini  Wakil Gubernur Bali, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, Dekan Fakultas Teknik, Rektor Unud Periode 2017-2021, Para Penglingsir Puri Agung Ubud, Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Bali, Para Narasumber serta undangan lainya.  

Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud yang juga Koordinator Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Anak Agung Ngurah Ari Dwipayana menyampaikan peluncuran buku yang ke dua setelah peluncuran pada tanggal 9 Desember yang lalu di Perpustakaan Nasional Jakarta. Buku ini mengulas tentang Almarhum Tjokorda Raka Sukawati yang ditemui oleh Prof. Ida Bagus Mantra dan mengajak beliau untuk mendirikan Fakultas Teknik di Universitas Udayana. 

Pada saat itu beliau menjadi Kepala Proyek Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan akhirnya gagasan besar itu tercapai untuk mendirikan Fakultas Teknik pada tanggal 20 Oktober 1965, dengan jurusan pertama yaitu Teknik Arsitektur dengan Dekan pertama Prof. Ida Bagus Mantra. Fakultas Teknik akhirnya berkembang dengan dua jurusan, dan di tahun 1967 almarhum diberikan kepercayaan untuk menjadi Dekan di Fakultas Teknik.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan sosok legendaris dalam buku ini yaitu Tjokorda Raka Sukawati merupakan tokoh inovator, penemu teknik kontruksi jalan layang sosrobahu. Jejak langkah beliau dalam mengabdi kepada bangsa dan negara serta upaya beliau menemukan teknik konstruksi menjadi inspirasi bagi bangsa ini khususnya para insan perguruan tinggi. 

Dipilihnya kampus Universits Udayana sebagai tempat peluncuran buku ini menunjukkan bagaimana gagasan Tjokorda Raka Sukawati hendaknya menjadi inspirasi bagi kita semua. Bagaimana inovasi itu diciptakan, tahapan yang dilalui, hingga dapat diterapkan dan kemudian dilakukan transfer of technology kepada pengguna menjadi suatu teknologi yang telah diakui secara akademis, teknis, kekayaan intelektual dan implementasi bagi pembangunan, khususnya dalam teknologi kontruksi jalan dan akhirnya menyebar ke berbagai negara. 

Atas nama Universitas Udayana Prof. Adiatmika menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tjokorda Raka Sukawati dan keluarga besar, serta terima kasih kepada Anak Agung Gusti Ngurah Ari Dwipayana karena telah menjadikan Universits Udayana sebagai bagian penting dalam proses peluncuran buku sekaligus menjadi pemicu kepada sivitas akademika untuk terus berkarya dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. (Tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama