-->

Search News


situs resmi covid-19

News

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » Tingkatkan kesejahteraan Pinandita, PSN laksanakan Lokashaba III

 

Dalam rapat berlangsung ada interupsi untuk melaksanakan puja trisandya karena waktu menunjukan 12.00 Wita

GATRADEWATA NEWS | DENPASAR | Acara Lokashaba III Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Korwil Bali (2021), dibuka secara resmi oleh Gubernur Bali Wayan Koster, yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya Koster menyambut baik keberadaan organisasi yang mewadahi para pinandita ini.





Ditemui pada jam istirahat, I Gede Pastika selaku ketua PSN Pusat mengatakan bahwa acara ini dilakukan untuk pemilihan pengurus PSN Korwil yang baru, mensosialisasikan keputusan dan melaksanakan AD/ART yang sudah diputuskan pada Mahashaba yang ke III tanggal 21 - 24 Oktober 2021 kemarin.




"Dan juga menyambung daripada Dirjen Kementerian Agama Hindu bahwa Pinandita adalah ujung tombaknya dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat yang di elementasikan pada kehidupan sehari-hari sebagai Pinandita, "jelas Ketua, Minggu (12/12/2021), di Ruang Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur.

Ia juga menambahkan bahwa dalam PSN juga mengedepankan kesejahteraan ke anggotanya dan dalam wawancaranya juga menyebutkan bahwa sudah diteruskan kepada seluruh anggota Pinandita untuk selalu melaksanakan ajaran kearifan budaya lokal dresta Bali.




"Kedepannya saya harapkan tidak ada budaya luar yang masuk ke Bali ini, dan itu dikabarkan keseluruh pinandita yang tergabung dengan kami untuk tetap berpedoman kepada ajaran ajeg dresta Bali, "ujarnya.

Di tempat yang sama Ketua Panitia Lokasabha III PSN Korwil Bali, I Wayan Dodi Arianta menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memilih kepengurusan baru dan penyusunan program strategis sebagai penjabaran visi dan misi PSN lima tahun ke depan.

"Program kesejahteraan kepada para Pinandita yang tergabung dalam PSN pusat dan PSN Bali ini adalah dengan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, yang disini tidak memandang usia, karena anggota kami ada yang usianya sudah lingsir (tua), "sebutnya.

Ia juga mengharapkan kedepannya adanya kerjasama yang terjalin dengan Yayasan Dharma Pinandita Bali, yang goalnya untuk kesejahteraan para anggota PSN itu sendiri.

"Kita lagi proses pendataan keanggotaan, di Denpasar sudah didata secara online, di Gianyar yang saya dapat informasinya sejumlah 5.000 yang sudah terdata, "katanya dengan harapan terbentuknya pengurus yang lahir dipilih murni dari anggota, jadi PSN kedepannya mendapatkan pengurus yang ideal.

Pinandita I Nyoman Sukendra yang terpilih menjadi ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Badung mengungkapkan hal yang sama. Ia menyebutkan bahwa akan mendata dan mengkoordinir para Pinandita yang ada di Kabupaten Badung.

"Kita akan meningkatkan juga kompetensi Pinandita yang ada di wilayah Badung, "ungkapnya.

Ia juga menuturkan Pura yang diemong oleh PSN sendiri melingkupi Pura pemaksan (kawitan), pura khayanga desa (Pura Desa, Puseh, Dalem), dan Pura-pura yang lain. "Kode dari Pinandita itu adalah upacara pewintenan Ekajati, dan tadi juga ada 12 pinandita yang dapat menjadi anggota PSN, "pungkasnya. (Ray)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post