-->

Search News


situs resmi covid-19

News

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » Pande Purwata, Sport tourism bisa datangkan tamu mancanegara

 

Pande Made Purwata, ketua KONI Kabupaten Gianyar

GATRADEWATA NEWS | GIANYAR | Dalam mengembangkan pariwisata kedepannya, ada baiknya kita semua melirik untuk mengembangkan industri sport tourism. Ini adalah upaya yang lebih cepat, menarik dan sehat, seperti yang diungkapkan oleh ketua KONI Kabupaten Gianyar, Kamis (16/12/2021), di kantor KONI Gianyar.





"Sport tourism bisa jadi circle ekonomi di tempat dimana event itu diselenggarakan. Bali harus mendorong apalagi kondisi pandemi seperti sekarang ini untuk sport tourism untuk menjadi industri, karena sport ini bertaraf nasional bahkan Internasional, "ungkap Pande Made Purwata selaku ketua KONI Kabupaten Gianyar.

Ia juga menceritakan bila manajemen olahraga ini dilakukan dan dijaga sampai tingkat Asian dan mampu mengadakan event tingkat Asian, ia mengatakan tidaklah banyak-banyak perlu mengundang negara, Bali sudah akan hidup kembali wisatanya.

"Momentum olahraga itu sangat bagus untuk menghidupkan pariwisata Bali, "sebutnya.

Ditanya soal hal itu, Kabupaten Gianyar juga sedang mempersiapkan diri membuat event olahraga bertaraf Asia bahkan dunia. Cabang olahraga yang sudah diajak berdiskusi untuk mengembangkan sport tourism ini adalah dari cabang olahraga billiard. Pemain billiard dari asia dan sekitarnya juga akan berkunjung dan hadir dalam tournamen yang akan diselenggarakan itu. Begitu juga olahraga Rugby, sport ini sangat merakyat di luar negeri, ini artinya akan ada banyak pemain rugby akan hadir menyaksikan event-event yang akan diselenggarakan di Kabupaten Gianyar.

"Venue untuk Rugby lebih simple dari sepakbola, dikarenakan wabah covid varian baru omicron pertandingan yang melibatkan pemain asing jadi batal. Bukan hanya itu olahraga kriket juga menjadi olahraga rakyat disana, yang kita kejar kan sport tourismnya, "sebutnya, dengan menambahkan cabang olahraga lainnya seperti olahraga kempo, basket dan lainnya.

Disebutnya kembali di Gianyar yang memiliki cabang olahraga balap sepeda, ini tentu bisa dipakai untuk penyelenggaraan fun bike yang mengitari obyek-obyek wisata yang ada di Gianyar. Nilai akhirnyalah yang harus dilihat bagaimana kelak sport industri ini dapat meningkatkan kedatangan tamu mancanegara.

Bukan hanya sport tourism, Sport Industri tetapi ada juga yang hidup, seperti UMKM yang bergerak di bidang kerajinan bisa juga membuat souvenir kerajinan berbau sport yang lagi diadakan misalnya, apalagi event tersebut diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya.

"Dalam meningkatkan kemampuan atlit kita seperti balap sepeda, dengan diadakannya misalnya fun bike tentu akan menambah pengalaman dan teknis mereka, "sebutnya.

Begitu juga olahraga pantai yang dibahas dalam wawancara kali ini, olahraga pantai merupakan kegemaran dari tamu-tamu mancanegara. Di Gianyar seperti selancar, paralayang, paramotor yang terbentuk mengambil venue di pantai, tentu saja ini akan menarik.

"Banyaknya pantai yang bisa digunakan di Gianyar ini untuk event selancar. Untuk paramotor bisa dilakukan juga di pantai, seperti yang sudah pernah kita lakukan. Sedangkan paralayang itu dari bukit, "pungkasnya. (Ray)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post