-->

Search News


situs resmi covid-19

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » Di Penghujung Tahun 2021, Unud Lepas 474 Wisudawan pada Wisuda ke-145

 


GATRADEWATA NEWS | BALI |Universitas Udayana melaksanakan  Wisuda Lulusan Ke-145 yang berlangsung secara hybrid kombinasi luring dan daring dengan titik lokasi utama berada di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Denpasar, Sabtu (11/12/2021). Jumlah wisudawan yang dilepas pada periode ini sebanyak 474 orang, dengan demikian jumlah alumni Unud yang ada sampai saat ini adalah 106.775 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP dalam laporannya menyampaikan wisudawan kali ini terdiri dari 2 orang program Diploma, 113 orang Profesi, 27 orang Spesialis, 227 orang Sarjana (S1), 40 orang Magister (S2) dan 15 orang Doktor (S3). Dari keseluruhan wisudawan kali ini 125 orang diantaranya meraih predikat Dengan Pujian atau Cum Laude. Pada periode kali ini 56 orang wisudawan merupakan penerima beasiswa dari 13 penyedia beasiswa. Wisudawan kali ini didominasi oleh kaum perempuan yang jumlahnya 257 orang sedangkan wisudawan laki-laki hanya 217 orang. Dari sisi prestasi akademik, IPK wisudawan perempuan lebih baik dari pada laki-laki, dimana rata-rata IPK perempuan 3,70 sedangkan rata-rata IPK laki-laki 3,68. Masa studi rata-rata perempuan 7,9 semester sedangkan laki-laki masa studinya 7,3 semester. 

Merujuk Permenristekdikti No. 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi dan Profesi, Gelar, serta Cara Penulisannya. PIN hanya diberikan kepada lulusan jenjang Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor. Universitas Udayana mulai menerapkan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) sejak wisuda periode ke-139 tahun 2020. Pada periode wisuda ke-145 ini, dari 474 wisudawan yang dinyatakan eligible PIN sebanyak 280 orang. Total PIN yang sudah diperoleh sampai saat ini sebanyak 3.428 atau 55,9 persen wisudawan selama tujuh periode wisuda. Bagi yang belum memperoleh PIN masih menggunakan nomor ijazah yang dikeluarkan oleh Universitas Udayana yang didaftarkan pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). “Kedepannya, saya harapkan semua lulusan yang wajib PIN dapat 100 persen sudah menggunakan PIN pada penomoran ijazahnya”, ungkap Wakil Rektor.

Sementara Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU dalam sambutannya menyampaikan sudah lebih dari setahun, berbagai kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi di Universitas Udayana mengedepankan cara-cara daring, dan memberi izin kegiatan luring secara selektif. Hal ini ditempuh menjaga keseimbangan antara tingkat capaian kinerja dan tingkat keselamatan. Mengingat banyak lulusan yang membutuhkan ijazah untuk melanjutkan pendidikan maupun keperluan melamar pekerjaan dan laporan kepada instansi tempat bekerja, dengan mengedepankan keselamatan dan perlindungan bagi segenap civitas akademika dan tenaga kependidikan, dan tentunya juga bagi seluruh wisudawan, dengan tidak mengurangi makna, Universitas tetap melaksanakan prosesi wisuda bagi lulusan yang telah memenuhi persyaratan.

Universitas Udayana juga terus bergerak dan bertransformasi menjadi Kampus Global, Nyaman, Sehat, dan Aman, serta memiliki ekosistem pendidikan yang bermutu, sehingga melahirkan calon profesional yang cerdas, unggul, berkarakter, dan berkontribusi positif bagi pembangunan di daerah maupun nasional. Berbagai percepatan perbaikan dan pengembangan sarana dan prasarana, percepatan Guru Besar, peningkatan kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk menunjang pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi di Unud. Beberapa Program Studi di Unud telah meraih sertifikasi internasional. Semua upaya tersebut dilakukan tentunya untuk meningkatkan kualitas lulusan agar mampu bersaing tidak hanya di tingkat lokal maupun nasional, akan tetapi juga di tingkat internasional.

Rektor berharap wisudawan dapat terus berkarya, berinovasi dan berpikiran maju, serta senantiasa memiliki semangat leadership, solidaritas, dan memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat serta menjadi sosok teladan yang tangguh untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik dengan tetap berlandaskan etika dan norma yang ada. (Tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama