-->

situs resmi covid-19

News

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » Pandemi, Chef Mudana Cooking Class Sanur tawarkan Belajar Jajanan Bali


Gusti Mudana sedang mengajarkan ekspatriat Jepang membuat Jajanan Bali, pisang rai

GATRADEWATA NEWS | DENPASAR | Masa Pandemi Covid-19 yang membuat kondisi Bali terutama tamu asing yang berkunjung bisa dibilang hampir zero (kosong). Keadaan ini tentu memukul sektor pelayanan jasa dari keberadaan tamu asing di Bali. Chef Mudana Cooking Class Sanur tetap berinovasi dalam kondisi yang selama ini mengandalkan tamu mancanegara dengan membuka belajar memasak untuk tamu domestik (lokal).




I Gusti Nyoman Mudana yang dikenal dengan nama Chef Mudana, merupakan sosok atau tokoh Culinery (Kuliner) yang sudah dikenal didunia, bagaimana tidak, banyak telah mengajarkan turis asing sejak dibukanya tahun 2015, bahkan sampai dipanggil ke luar negeri hanya untuk mengajari memasak, terutama masakan Bali.




Ditemui ditempatnya di Sanur, Ia menyambut kami dengan ramah dan selalu dengan senyumannya yang khas, mempersilahkan kami masuk untuk melihat sesi belajar memasak dengan ekspatriat Jepang yang kebetulan tinggal di Bali, bahkan ada yang sudah menikah dengan orang Bali. Tentu tetap dengan protokol kesehatan dengan mencuci tangan dan tetap menggunakan masker.

Anak-anak Jepang belajar bikin Jajanan khas Bali

"Saat sekarang ini (Pandemi) sangat susah sekali mendapatkan kostumer apalagi saat PPKM darurat pertama itu, "ungkapnya, Sabtu (13/11/2021).

Ia juga menceritakan bahwa sejak hari ini membuka kuliner untuk umum, yang biasanya hampir menolak tamu untuk kursus memasaknya saat kondisi tamu normal, pada waktu-waktu tertentu.

Belajar memasak, ceria dan menikmati rasa manis jajanan Bali

"Saat ini adalah kawan-kawan saya yang membantu, dari komunitas ekspatriat Jepang yang sudah lama tinggal dan menetap di Bali, "jelas Mudana.

Ia mengatakan ini sudah yang ke 6 kali Cooking Class sejak pandemi berlangsung, yang biasanya masakan Bali, Sumatera, Jawa dan lainnya kini lebih banyak belajar bikin kue-kue khas Bali, yang lebih simple dan murah. Dengan rentang waktu belajar 1 - 1½ jam, yang setelahnya dinikmati bersama-sama hasilnya.


Jajanan khas Bali, pisang rai yang baru matang, hasil belajar memasak ekspatriat Jepang

 Keunikan dan kreatifitas inilah yang membuat Chef Mudana Cooking Class tetap bertahan dimasa pandemi. Bila menyimak waktu yang dahulu 6 - 7 jam dari mendatangi pasar memilih sendiri bahannya dan memasak sampai menghidangkan
kini lebih dibuat lebih sederhana dan mudah.

Miwa Okada asal Nagoya Jepang ini yang ditemui di sesi memasak juga menyampaikan bahwa kegemarannya terhadap jajanan Khas Bali tersebut, kini dirinya dan kawan-kawan yang dibawanya bisa belajar cara memasaknya sendiri.

"Kondisi kan kurang baik saat pandemi, biar saya bisa bantu juga dengan kawan-kawan disini. Banyak kawan yang suka masakan Indonesia, masakan Bali, Jadi sekarang saya dan kawan-kawan bisa tahu caranya, "ujarnya, dengan bahasa Indonesia yang cukup fasih. (Ray)
............



«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post