-->

Search News


situs resmi covid-19

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » UNUD gelar pelatihan penulisan buku, dorong civitas Akademika terus menulis

 


GATRADEWATA NEWS | BALI | Udayana University Press Universitas Udayana menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Buku Ajar Tahun 2021 yang berlangsung secara daring melalui aplikasi cisco webex, Selasa (26/10/2021).

Pelatihan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik mewakili Rektor Unud dan menghadirkan dua narasumber yakni Prof. Dr. I Nyoman Dharma Putra, M.Litt dari Fakultas Ilmu Budaya Unud dan IGN Parikesit Widiateja, SH.,M.Hum.,LLM.,Ph.D dari Fakultas Hukum Unud serta moderator Dr. Drs. Ida Bagus Jelantik Sutanegara Pidada, M.Hum Kepala Penerbit Unud.

Kepala Penerbit Unud Dr. Ida Bagus Jelantik Sutanegara Pidada dalam laporannya menyampaikan pelatihan ini rutin dilaksanakan penerbit untuk mendorong agar semakin banyak civitas akademika Unud yang menulis buku. Penerbit tentu saja membutuhkan penulis begitu juga sebaliknya, di samping itu menumbuhkan kembangkan budaya menulis buku menjadi kewajiban penerbit juga termasuk budaya menulis buku ajar.

Pelatihan ini dari tahun ke tahun mendapat sambutan cukup baik di mana jumlah peserta cukup banyak. Penerbit juga banyak menerima naskah setelah kegiatan pelatihan. Narasumber yang dihadirkan sudah berpengalaman dalam menulis buku. Kepala Penerbit juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk pelaksanaan kegiatan ini. Direktur BPU Unud dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Direktur I Wayan Mulyawan menyampaikan penulisan buku ajar merupakan salah satu kewajiban dosen dalam mengemban Tridharma perguruan tinggi.

Pelatihan ini diharapkan mampu membantu para dosen dalam menulis buku ajar masing-masing dan UPT penerbit mampu memfasilitasi penerbitan buku ajar tersebut. Buku ajar merupakan media pembelajaran yang penting bagi mahasiswa sehingga penulisan buku ajar menjadi penting bagi seorang dosen. Potensi pasar untuk penerbitan buku ajar juga sangat tinggi dan diharapkan dapat mendukung pemasukan Universitas Udayana.

Udayana University Press diharapkan mampu berkembang secara profesional dan bersaing dengan penerbit lainnya. Direktur BPU memberikan apresiasi kepada narasumber dan berharap kegiatan ini memberikan manfaat bagi semua peserta. Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. I Gede Rai Maya Temaja dalam sambutannya menyampaikan pelatihan penulisan buku ajar merupakan aktivitas yang penting bagi civitas akademika.

Buku ajar menjadi pakem dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi mahasiswa. Buku ajar juga menjadi literasi yang efektif dalam transformasi ilmu dan membantu mahasiswa masuk ke gerbang ilmu yang ditekuni. Menulis buku ajar juga menjadi media bagi dosen dalam mengembangkan budaya akademik. Wakil Rektor memberikan apresiasi kepada narasumber dan berharap peserta dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber serta pelatihan memberikan manfaat bagi semua pihak. (Tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama