-->

situs resmi covid-19

News

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion

» » » » Gusti Nyoman, efektifkan jagabaya desa adat untuk menjaga Gianyar tetap zona hijau

 

Gusti Nyoman, efektifkan jagabaya desa adat untuk menjaga Gianyar tetap zona hijau

GATRADEWATA NEWS | GIANYAR | Perkembangan desa adat Bona, kabupaten Gianyar pasca Covid - 19 menurut I Gusti Nyoman Yasa selaku Bendesa Adat Bona, situasinya cukup baik. Dimana penanganan covid-19 khususnya di desa Adat Bona sudah dibentuk Satgas Covid - 19 Gotong royong, dimana situasi di wilayah Bona adalah zona Hijau. 

Ia menuturkan bahwa antisipasi yang dilakukan di desa adat Bona melalui satgas Covid - 19 sudah cukup baik, seperti penerapan protokol kesehatan yang ketat telah dilakukan oleh mereka. Dalam melaksanakan upacara keagamaan selain menandatangani bersedia menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti menyediakan tempat cuci tangan, masker dan hand sanitizer tidak akan diberikan untuk melakukan upacara adat. 

Petugas satgas covid-19 gotong royong tetap berjaga di depan pura tempat dilaksanakannya upacara keagamaan, "kita selalu menghimbau masyarakat, apalagi saya selaku bendesa adat Bona selalu memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk tetap secara disiplin menerapkan protokol kesehatan tersebut, "ujarnya yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Gianyar komisi IV dari Fraksi PDIP, Kamis (06/05/2021).

Ia juga menekankan pada bila dalam penerapan protokol kesehatan bisa dilakukan secara disiplin maka Gianyar bisa mempertahankan sebagai kabupaten dengan Zona Hijau. Dengan ini diharapkan Gianyar yang hidup dari pariwisata dapat tetap bisa hidup dan bergeliat kembali seperti dulu. "Kita tidak boleh lengah bila telah dibukanya pariwisata dan wisatawan  yang datang ke Gianyar agar tetap menerapkan Protokol kesehatan. Kita harapkan pariwisata bertahap di buka, dan tidak sekaligus dibuka agar menjaga zona hijau ini tetap terjaga, " ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa petugas jaga itu tidak boleh nego-nego terhadap penerapan protokol kesehatan, di khawatirkan zona hijau ini berubah menjadu Zona merah. Bupati juga sudah gencar mencanangkan vaksinasi berbasis banjar, ini saya salute dan apresiasi karena gencarnya ini diharapkan semua masyarakat dapat melakukan vaksinasi. 

Ditanya soal peran prajuru adat dan pecalang dalam lingkungan desa adat, ia menambahkan bahwa prajuru dan pecalang merupakan bentuk ketegasan dalam penjagaan dan perlindungan terhadap penyebaran covid-19 di masing-masing desa adat. "Efektifkan jagabaya desa adatnya, kita harapkan desa adat bisa mempunyai peran. Yang kita pahami masyarakat lebih takut terhadap keberadaan desa adat, ini yang harus ditingkatkan. Dan desa adat memiliki perarwm di desa adat, "tegasnya.

Dana untuk desa adat yang digelontorkan pemerintah, ia mengatakan bahwa dilakukan mekanisme yang baik di desa adat, dengan mengadakan rapat dalam menetapkan program kerja desa adat, "desa adat kita porsikan sesuai dengan aturan yang ada, makanya bagian IT bekerjanya kasihan, siang dan malam untuk memenuhi administrasi yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam pertanggungjawaban dana tersebut, "pungkasnya. (Ray)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post