-->

situs resmi covid-19

News

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion

» » » Golkar Memanaskan mesin partai, Kumpulkan 1000 lebih kantong darah

Gelar Aksi Kemanusiaan
GATRA DEWATA NEWS | DENPASAR | Gerakan pimpinan Ketua DPD I Golkar Bali, I Nyoman Sugawa Korry tidak berhenti sampai pembagian sembako kemarin, kali ini aksi Kemanusiaan yang digelar Golkar Bali untuk menyediakan 1000 kantong darah di seluruh Bali. Donor darah ini serentak dilakukan di kantor DPD II Golkar di 9 kabupaten/kota. Aksi kemanusiaan 1000 kantong Partai Golkar dibuka ketua DPD Golkar Bali I Nyoman Sugawa Korry diwantilan DPD Golkar Bali, Minggu (12/07).

Golkar ingin tetap konsisten dalam memperjuangkan kemanusiaan dari segala lini, kali ini partai berlambang bringin membantu menyediakan darah yang terus menipis dimasa pandemi corona ini. Dengan tetap memperingati masyarakat yang berbondong-dong menandatangi tempat diselenggarakannya kegiatan kemanusiaan diseluruh Bali, dengan tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan.


Massa yang datang dari arah luar kantor DPD Partai Golkar Provinsi Bali selalu mendapatkan arahan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) yang menghimbau untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mendaftar sebagai peserta donor, pengecekan suhu tubuh, serta penggunaan hand sanitizer.

Dari program pembentukan Satgas Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Bakumham) dengan 20 lawyernya yang berkompeten, yang saat ini sudah menerima 80 aduan yang telah ditangani Satgas. Selain hal itu Golkar juga merancang strategi pembangunan ekonomi Bali pasca Covid-19, dengan menggelar 5 kali Webinar dengan narasumber sekitar 25 guru besar dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).


Inisiatif melakukan gerakan Donor Darah serentak ini karena Sugawa Korry membaca dan menyimak pemberitaan di beberapa media lokal, bahwa Bali mengalami kekurangan stok darah akibat dampak dari Covid-19. Dari hal itulah langkah cepat pimpinan Partai Golkar Provinsi Bali ini mendapatkan inspirasi untuk gelar program kemanusiaan ini bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Bali.

Menurut data yang sudah terhimpun didapatkan 1600 kader, simpatisan, dan masyarakat ikut berpartisipasi mencapai target 1000 kantong darah untuk Kemanusiaan, “Kami optimis seribu kantong darah dapat terpenuhi,” ungkap Korry.


I Gusti Bagus Alit Putra selaku Ketua Pengurus PMI Bali mengabarkan bahwa, adanya kesulitan stok darah saat pandemi Covid-19 di provinsi maupun kabupaten/kota. Dengan adanya gerakan ini pihaknya menyambut baik dan mengajak seluruh instansi dan masyarakat Bali untuk mau berbagi untuk mengatasi kekurangan persediaan darah di Bali.

“Untuk di Bali harus menyiapkan kurang lebih 45 ribu kantong yang sudah steril dan bebas dari penyakit per tahun, dan 3600 kantong per bulan, serta 120 kantong per hari,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan kemanusiaan yang dilakukan Partai Golkar se-Bali ini pihaknya merasa terbantu dalam meringankan tugas dalam memenuhi kebutuhan darah, “Setetes darah untuk membantu kehidupan. Semoga yang lain terpanggil, tolong wujudkan kepedulian sosial, dan jangan takut mendonorkan darah,” himbaunya.

Sejalan dengan langkah partai berlambang beringin ini, pemerintah Kota Denpasar juga telah membuat Perwali tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), yang bersumber dari karakter kebersamaan. Sementara Walikota Denpasar yang diwakili Sekda IB Rai Iswara ikut bangga dengan gerakan Partai Golkar Bali dalam program membangun karakter sikap gotong royong dalam upaya menanggulangi wabah Pandemi Covid-19 saat ini.

“ Kegiatan ini luar biasa, dengan kegiatan ini tentu memberikan suntikan moral bagi kami di kota Denpasar,” ujarnya.

Awak media gatra Dewata sedikit berbincang dengan dr. I Gede Wiryana Patra Jaya, M.Kes selaku kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia PMI Provinsi Bali mengatakan, "Kita UDD PMI Provinsi Bali sudah ditugaskan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk menjalankan metode Terapi Plasma Konvalesen (TPK), sebagai alternatif pengobatan untuk menyembuhkan pasien Covid-19, "ujarnya.


Terapi Plasma Konvalesen (TPK) adalah merupakan cara yang digunakan tenaga medis dalam upaya menyembuhkan penderita penyakit Covid-19, dengan cara mentransfusikan plasma darah pasien yang sembuh dari penyakit Covid-19 ini ke Pasien yang sedang menderita.

"Besok kalo tidak ada halangan kita akan mengambil plasma sample arteritisnya dari donor pasien yang telah sembuh dari penyakit covid 19 ini, " jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Dewa Widiasa Nida dari DPP Golkar, Ketua Satgas Partai Golkar Bali Komang Satuhedi, Ketua Satgas Bakumham Golkar Bali, Wayan Muntra, Dewa Suamba Negara serta elit Partai Golkar Bali lainnya. (Ray)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post