-->

situs resmi covid-19

News

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion

» » » » LGMI BALI BANGKITKAN SEMANGAT BELA NEGARA-HANKAMRATA

Ketua DPW LGMI Bali dan Sekwil LGMI Bali

GATRADEWATA NEWS | DENPASAR | Derap langkah LGMI ( Lembaga Garuda Muda Indonesia ) Bali untuk merangkul masyarakat Bali khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya dalam upaya menghidupkan kembali semangat Bela Negara - Hankamrata ( Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta).



Hankamrata merupakan sistem pertahanan negara yang dianut oleh Indonesia yang sesuai Undang-Undang RI No 34 Tahun 2004, Hankamrata adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman.


Seiring dengan arahan dari kementerian Pertahanan Republik Indonesia Prabowo subianto, "Kita juga kembali akan menggunakan sistim pertahanan keamanan rakyat semesta. Sehingga TNI sebagai komponen inti akan didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung," ujar beliau Prabowo saat jumpa pers di Kantor Kementerian Pertahanan di Jakarta, tanggal 23 januari lalu.
LGMI Bali yang rapat pertamanya dalam Notulen hasil rapat tanggal 29 Januari 2020 diputuskan bahwa para anggota harus memiliki loyalitas tinggi kepada LGMI dan setia akan perjuangan yang didengungkan ke seluruh wilayah Indonesia yaitu Bela Negara dan setia dengan Pancasila dan UUD 1945, rapat akan diadakan setiap 2 minggu sekali dan membahas legalitas SK (Surat keputusan) dan KTA (Kartu Tanda anggota), yang saat itu diadakan di Sekretariat LGMI DPW TK I Bali Jalan Taman Wedasari IA no.1, Banjar Batuparas Padangsambian Kaja, Denpasar Bali.


Lembaga Garuda Muda Indonesia daerah kepemimpinan Bali juga telah melakukan rapat rutinnya tingkat provinsi, yang menghasilkan beberapa point penting yaitu tentang pendirian biro perlindungan hukum yang nantinya akan memayungi masyarakat Bali baik secara pidana maupun perdata dapat berkonsultasi gratis kepada LGMI Bali, dan juga usulan Biro jasa Pariwisata yang nantinya ini mampu menggerakan sektor-sektor real yang bernaung dalam UKM (Usaha kecil menengah) yang berbasis pada kepentingan masyarakat Bali pada umumnya dari persaingan yang tidak sehat dan juga kepentingan kearifan lokal Bali (12/02). Sedangkan disebutkan juga dalam notulen rapat bahwa untuk meningkatkan rasa empati dan tali persaudaraan antara sesama keluarga besar LGMI Bali, dibentuklah Perkumpulan Suka Duka DPW Bali dengan mengumpulkan iuran sebesar Rp. 50.000,- dan dimulai pada bulan maret 2020 yang digunakan untuk kepentingan-kepentingan internal LGMI Bali. Peraturan selanjutnya adalah penggunaan atribut dan seragam harus dipakai dalam rapat-rapat yang diselenggarakan secara resmi oleh LGMI Bali.


Dalam kesempatan terpisah, Sekwil (sekretaris wilayah) DPW LGMI Putu Yuliani menyampaikan," Dalam menjaga keharmonisan organisasi ada baiknya kita juga menjaga sikap-sikap kita diluar dari organisasi mengutamakan sikap santun dan harmonis dalam menyikapi masalah yang ada, agar masyarakat memandang kita sebagai organisasi yang tertib," ujarnya. (Ray)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post