-->

situs resmi covid-19

News

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion

» » » » » BUDIDAYA PORANG SAMPAI WARUNG KOPI

Perencanaan budidaya harus matang

GatraDewata News |Denpasar | Tidak pernah bosan untuk mengabarkan kepada masyarakat Bali bahwa ada cara untuk Bali kembali kepada rootnya kembali yaitu menjalankan pertanian, perkebunan dan sejumlah Agro Bisnis lainnya.

Seseorang yang tertarik pada budidaya porang," bagi pemula pertanyaan paling penting bagi saya adalah kualitas bibit supaya sukses dalam budidaya dan kepastian pembelian hasil panen," ungkap Joshua yang hobby otomotif ini.

Pemerintah daerah maupun pusat juga sudah menyikapi fenomena krisis pariwisata maupun perlambatan global akibat Corona Virus ( COVID-19) ini dengan membangkitkan kembali UKM (Usaha Kecil Menengah) yang ada khususnya Bali. Dan tim kecil bentukan Budi BMW (channel youtubenya) selalu tak jenuh mengabarkan kepada masyarakat Bali bahwa, "Tidak ada alasan untuk tidak menanam porang sebagai penyeimbang alam Bali kembali, dimana bila kita menghijaukan kembali alam Bali niscaya akan diberikan hasilnya oleh alam, itu kepercayaan karmaphala yang berlaku tetap".

Ciri utama porang ada katak/bulbil pada batangnya.

Dijelaskan pula bagi yang tidak memiliki lahan bisa kita bantu untuk menyediakan dalam bentuk kerjasama, atau yang memiliki lahan bisa kita carikan juga bibit dan edukasinya bisa didapatatkan dari tim ini. Yang terpenting masyarakat Bali bangkit dan tidak ada kerisauan yang besar terhadap fenomena yang terjadi di Bali dan Dunia ini pada akhirnya.

"Porang tetap akan dibutuhkan karena pabrik-pabrik mereka sudah berjalan tak mungkin mereka berhenti begitu saja, jadi setiap bulan pun wajib ada yang panen," jelasnya.

Amorphophallus Paeoniifolius (walur_bukan porang)

Beliau juga memberi sedikit nasehat bahwa tanaman spesies bunga bangkai ini banyak macamnya seperti gambar diatas, dijawa ada kurang lebih 4 macam tanaman yang mirip tanaman porang, sedangkan di sumatera ada sekitar 29 macam tanaman. Tidak mengurangi semangat para petani untuk mencari sendiri bibit yang akan di budidayakan di ladangnya tetapi mesti menyikapi dengan benar agar tidak ada penyesalan dibelakang nantinya.

"Juga bagi penjual bibit yang dapat dari hutan, mohon memahami betul karakter porang yang ada dihutan agar tidak merusak jenis-jenis spesies yang bukan porang dan dilindungi secara undang-undang dunia yang masuk dalam katagori tanaman langka, "jelasnya.

Pupuk organik cair

Dalam prakteknya pupuk sangat diperlukan juga untuk budidaya porang tersebut, nah tim ini pun juga memproduksinya sendiri dengan jaminan yang sudah teruji baik. Dengan memperkecil biaya pemupukan dan menghasilkan hasil yang maksimal tentu didambakan banyak petani.

"Kita membuat pupuk ini juga karena untuk menjaga tanaman porang tetap mendapatkan nutrisi yang baik sekaligus sebagai pestisida organik yang tentu ramah terhadap lingkungan,"jawab Budi yang juga bervegetarian ini. (Ray)


MAKMUR SEJAHTERA, AYO TANAM PORANG, SELAMATKAN HUTAN !


-----


Untuk penjelasan dan pembelian pupuk bisa menghubungi email gatradewataredaksi@gmail.com

                                          Channel youtube;


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post